Tips untuk Memilih Catering Terbaik untuk Bumil

Menurut American College of Gynecology (ACOG), ibu hamil atau bumil memerlukan 600–800 mikrogram folat selama kehamilannya. Kandungan ini terdapat dalam kacang-kacangan, telur, hati, dan sayuran dengan daun hijau tua.

Selain itu, bumil membutuhkan 500 miligram kalsium untuk pertumbuhan janin yang optimal. Anda dapat mendapatkan kalsium dari makanan seperti yoghurt, keju, seafood yang tidak mengandung merkuri, susu, dan makanan yang mengandung vitamin D, zat besi, dan protein.

Selain itu, ada beberapa bahan yang harus dihindari, terutama bagi mereka yang sedang hamil. Jangan makan nanas, alkohol, makanan mentah, dan seafood yang mengandung merkuri tinggi.

Tips untuk Memilih Catering Terbaik untuk Bumil

Untuk menjaga kesehatannya dan janin dalam kandungannya, ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi yang baik. Karena itu, bumil tidak dapat memilih makanan dengan sembarangan. Anda dapat menggunakan jasa catering jika Anda malas melakukannya sendiri. Catering Surabaya dan Catering Sidoarjo akan memberikan beberapa tips untuk memilih jasa catering untuk bumil.

1. Porsi yang seimbang

Pastikan untuk memilih catering yang memiliki porsi yang seimbang. Bumil membutuhkan 1.800 kalori per hari. Menu Anda juga harus mengandung asam folat yang baik untuk janin dan otaknya, yang dapat mengurangi risiko preeklamsia.

Selain itu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu untuk mendapatkan saran tentang resep menu dan jenis makanan apa yang harus Anda konsumsi. Setelah itu, Anda dapat memberikan saran ini kepada penyedia catering yang Anda pilih.

2. Tanpa MSG

Sangat penting bagi ibu hamil untuk mengurangi jumlah zat MSG yang mereka konsumsi. Pastikan makanan yang ditawarkan oleh penyedia layanan catering tidak mengandung MSG; Anda bisa menyarankan untuk menggantinya dengan bumbu alami supaya masakan tetap lezat tanpa MSG.

3. Penggunaan Bahan Alami

Sangat penting bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi sayuran, buah, daging, dan bahan alami. Meskipun ada pilihan makanan yang menggunakan bahan alami, Anda tetap harus memilih makanan yang disesuaikan untuk ibu hamil.

Hindari makanan mentah dari daging atau sayuran. Anda masih bisa makan salad, asalkan bahan-bahannya sudah dicuci atau dibersihkan.

4. Tanpa Pengawet

Makanan yang aman dan sehat untuk bumil tidak menggunakan pengawet; menghindari pengawet sama pentingnya dengan menghindari MSG. Jika Anda tidak hamil, pengawet tetap harus dihindari. Jika Anda mencari catering, pastikan makanannya terbuat dari bahan-bahan alami dan tidak mengandung pengawet atau MSG.

5. Menu Bervariasi

Menu ibu hamil harus bervariasi karena berbagai makanan mengandung vitamin dan mineral penting. Pilih menu yang jelas dan detail menunjukkan variasi makanan, bahan yang digunakan, dan proses pembuatan.

Menu yang bervariasi tentu akan mencegah bosan karena harus memakan makanan yang itu-itu saja. Selain itu, memakan sayur atau lauk yang sama, meskipun memiliki semua nutrisi yang dibutuhkan bumil, tetap kurang lengkap sehingga memerlukan menu atau bahan lain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka.